Cara Mengecek Freon AC Mobil Habis

Cara mengecek freon AC yang habis - apakah anda pernah mengalami kondisi AC mobil yang tidak dingin ketika sedang dihidupkan, dan hanya terasa hembusan angin bukannya hawa dingin ?

Ada kemungkinan sistem AC mobil sedang bermasalah, beberapa penyebab kenapa AC mobil tidak dingin diantaranya adalah karena refrigerant atau freon yang ada didalam kompressor AC mobil mengalami kebocoran dan habis tak tersisa.

kompressor ac


Beberapa ciri yang umum jika freon mobil sudah habis diantaranya adalah sebagai berikut :

  • AC mobil menjadi tidak terasa dingin lagi dan yang keluar hanya angin biasa ketika AC dinyalakan.
  • Kompressor AC tidak bekerja secara normal, bila biasanya setiap beberapa menit kompressor AC akan menghentak karena bekerja memompa freon, jika freon habis maka sistem pressure switch memerintahkan magnetic clutch tidak bekerja untuk menghindari kerusakan serius pada komponen kompressor.
  • Rpm mobil tidak naik atau meninggi ketika AC di On kan.

Untuk itu ada baiknya anda melakukan pengecekan terhadap freon yang ada didalam kompressor dengan jalan menekan katup selang tekanan tinggi kompressor AC yang biasanya ditandai dengan penutup bertuliskan huruf " H ". Pertama tama silahkan dibuka penutup selang tekanan tingginya, kemudian tusuklah dengan menggunakan paku pada pentil tekanan tersebut. Jika tidak ada gas yang menyembul keluar hal ini menandakan bahwa freon mobil anda sudah habis.

Jika sudah ketauan bahwa freon AC mobil kehabisan sebaiknya anda langsung bawa mobil tersebut ke bengkel khusus AC atau bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dan penggantian part yang mengalami kebocoran. Untuk dapat diketahui bahwasanya gas freon yang ada didalam kompressor tersebut tidak akan bisa habis jika didalam sistem AC tersebut tidak mengalami suatu kebocoran.


Semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Mengecek Freon AC Mobil Habis"

Posting Komentar