8 Kerusakan Yang Sering Terjadi Di AC Mobil Dan Sebabnya

Masalah yang sering menyerang AC mobil - salah satu penunjang kenyamanan dalam berkendara menggunakan kendaraan roda empat ialah tersedianya perangkat AC yang mampu membuat kondisi ruang kabin mobil menjadi lebih sejuk sehingga kita tidak akan merasa kepanasan walaupun berkendara dibawah terik matahari dan macet.

masalah yang sering terjadi pada ac mobil
Image by : mydeal,pl


Bahkan AC mobil ini selain berguna di saat cuaca panas, dengan keberadaan AC saat kita berkendara di musim hujan pun sangat membantu, yakni dapat menjaga kestabilan antar suhu didalam ruang kabin dengan suhu di luar, sehingga tidak timbul embun di kaca mobil yang nantinya akan mengganggu pandangan kita saat berkendara.

Seiring penggunaannya AC mobil pun terkadang menjadi bermasalah, nah adapun beberapa masalah yang biasanya sering menyerang AC mobil diantaranya telah kami rangkumkan dibawah ini :

1. AC mobil kurang dingin

Salah satu penyakit yang paling sering hinggap pada sistem AC mobil ialah AC tersebut tidak lagi terasa dingin padahal tombol AC sudah dalam posisi full. Penyebab AC mobil kurang dingin ini banyak sekali, mulai dari adanya kebocoran pada sistem AC mobil, hingga ada masalah lain di bagian cabin filter yang kotor atau memang kepenuhan penumpang sehingga membuat hawa dingin yang dihembuskan oleh AC menjadi terasa tidak lagi dingin. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini silahkan baca tulisan kami terdahulu di : Penyebab AC mobil terasa kurang dingin .


2. Mesin mati-mati saat AC dihidupkan

Penyakit yang sering menyerang sistem AC mobil selanjutnya ialah mesin mobil tiba tiba sering mati ketika ac mobil dinyalakan. Hal ini dikarenakan saat AC mobil dihirupkan, beban mesin menjadi bertambah karena harus memutar pulley kompressor AC. Pada sistem AC mobil terdapat mekanisme idle up yang dapat meningkatkan putaran mesin naik menjadi 850 -900 rpm ketika tombol AC dinyalakan. Namun bila kondisi rpm mesin malah turun ketika tombol AC dinyalakan, bisa dipastikan bahwa sistem idle up AC sedang bermasalah.

3. Lantai kabin depan basah saat AC ON

Ketika AC mobil sedang dinyalakan dan proses pendinginan sedang berlangsung, maka kelembaban yang ada didalam tabung penyimpanan evaporator akan terjadi, lama kelamaan akan terbentuk titik titik embun yang lama kelamaan akan menjadi sekumpulan air, air ini nantinya disebut dengan istilah air buangan AC.

Air buangan ini biasanya didalam tabung evaporator akan dialirkan keluar melalui saluran pembuangan atau drainase yang terbuat dari selang karet menuju keluar. Hal ini seperti yang sering kalian lihat, jika ada mobil yang terparkir dalam kondisi mesin dan AC menyala, setelah mobil tersebut dipindah anda akan melihat ada genangan air disana bukan ?. Jika saluran drainase ini sampai tersumbat maka secara otomatis air yang ada didalam bak penampungan sementara di bagian evaporator akan meluber, sehingga membasahi bagian kabin mobil, tepatnya di bawah karpet.

Baca juga : Begini fungsi dan cara kerja dari waterpump mobil

4. Hembusan udara kurang kencang

Ketika AC mobil sedang bekerja maka udara dingin didalam evaporator akan dihembuskan keluar oleh motor blower menuju keseluruh ruang kabin mobil sehingga ruangan kabin mobil menjadi sejuk. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan sebuah filter cabin yang berfungsi untuk menyaring udara kotor dari ruang kabin agar tidak menuju kedalam blower dan mengotori evaporator. Nah terkadang karena saking banyaknya debu yang menempel di bagian filter sehingga filter tadi menjadi kotor. Bila anda telah menyetel motor blower di posisi high namun hembusan udara kurang kencang, bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah kotornya cabin filter, adanya kerusakan di bagian resistor blower, atau bisa jadi motor blower sudah lemah akibat faktor usia pakai.

5. AC tidak dingin sama sekali

Gejala yang disarakan hampir sama dengan poin nomor 1 diatas, hanya saja untuk masalah yang satu ini adalah AC mobil sama sekali tidak terasa dingin alias yang berhembus keluar hanyalah angin saja. Bila anda merasakan kondisi AC mobil kalian seperti ini, kemungkinan terjadi kerusakan dibagian sistem AC mobil yakni adanya kebocoran di saluran freon AC sehingga gas freon habis, terjadi kerusakan di bagian kompressor AC yang tidak mampu lagi mengkompresikan gas freon atau bisa jadi ada kerusakan lain di bagian kelistrikan AC.


6. Muncul kabut dari jendela AC

Munculnya kabut putih dari dalam jendela ini sebenarnya adalah kejadian normal dan tidak perlu ditakuti, karena kejadian ini juga tidak selamanya bisa terjadi. Penyebab kenapa tiba tiba keluar kabut putih dari dalam jendela AC ini adalah karena adanya perbedaan kelembaban di ruang kabin sehingga saat AC mobil dinyalakan terjadilah hal yang demikian. Fenomena ini mirip seperti jika anda membuka pintu lemari ES.


7. Suara blower berisik

Blower yang bertugas untuk menghembuskan udara berhawa sejuk dari dalam evaporator menuju keseluruh ruang kabin mobil. Blower AC ini berbentuk seperti tabung silinder yang pada bagian sekeliling dilengkapi dengan sirip sirip yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara, jika terdapat suara berisik saat blower berisik saat AC mobil sedang bekerja, bisa disebabkan karena adanya bagian sirip sirip blower AC ini yang patah sehingga timbul suara berdengung ketika blower AC mobil aktif.


8. AC bau ketika dinyalakan

Terkadang ketika AC mobil pertama kali dinyalakan akan timbul bau yang lumayan kurang sedap beberapa saat, dan selanjutnya bau tidak sedap tadi menghilang atau tetap ada namun aroma nya sedikit memudar. Hal ini bisa dikarenakan adanya bibit jamur dan bibit penyakit dibagian evaporator AC. Hal ini diakibatkan karena adanya kotoran entah itu debu maupun asap rokok yang tersirkulasi dan masuk kemudian menempel dan mengendap di bagian kisi kisi radiator.

Kotoran serta asap rokok yang menempel dan mengendap di bagian kisi kisi evaporator ini lama kelamaan akan mudah ditumbuhi oleh bibit jamur dan penyakit sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap bahkan busuk. Nah bau inilah yang nantinya keluar dari dalam AC saat pertama kali dinyalakan.

Baca juga : Inilah fungsi tali kipas mobil

Diatas adalah beberapa masalah yang sering hinggap di AC mobil, bila anda merasakan hal hal seperti yang kami uraikan diatas, sebaiknya sesegera mungkin anda periksakan AC mobil di bengkel resmi maupun bengkel spesialis AC mobil terdekat di tempat anda tinggal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya, salam otomotif.

Sumber : automotivexist.blogspot.com


0 Response to "8 Kerusakan Yang Sering Terjadi Di AC Mobil Dan Sebabnya"

Posting Komentar